A Birthday Note.

Pagi ini saya terbangun, lalu membaca banyak sekali ucapan selamat. Sms, Bbm, Whatsapp, dan segala social media yang terhubung di gadget dan muncul di notifikasi.

Bulan ke-empat tahun 2013. Diantara beberapa target yang rupa-rupanya meleset waktunya, serta berbagai peristiwa yang telah terjadi di ujung tahun lalu dan awal tahun ini, saya berulang tahun. Yang ke 32. Sebuah usia yang sangat relatif. Buat generasi yang lahir setelah 2000, tentunya saya tampak ‘dewasa’. Buat generasi 70-80an, ya saya masih muda😀

Hidup ini buat saya bagaikan perjalanan jauh yang harus ditempuh dengan jalan kaki, dengan kualitas jalan yang tidak konsisten. Kadang aspal mulus, kadang setapak sempit, atau malah ngga ada jalan sama sekali. Ya harus bikin sendiri. Banyak batu didepan yang kadang harus ditendang atau disingkirkan, belukar yang harus ditebas, agar tetap bisa terus maju.

Parahnya, jalan ini tidak terlihat ujungnya, dan visibilitynya juga ngga tentu. Kadang keliatan jelas jalannya sampai beberapa puluh kilometer didepan, kadang kabut tebel dan cuman bisa lihat 2-3 meter kedepan. Kalau pas jelas, bisa sambil lari kencang, tapi kalo ngga keliatan, ya harus jalan pelan dan berimajinasi, kemana arah jalan ini dan akan dimana langkah kaki berikutnya dipijakkan.

Ulang tahun, tampak seperti sebuah penanda di jalan ini. Kadang bentuknya adalah tonggak dengan tanda yang jelas. Kadang hanya terlihat sebagai pola samar, tapi familiar.

Ulang tahun seperti time marker pada sebuah sportwatch. Mengingatkan atas berapa waktu yang sudah ditempuh dengan memberi nada menyebalkan, dan membacakan seberapa cepat dan seberapa jauh saya berjalan di jalan yang tak berujung ini.

Dan segala ucapan ulang tahun yang saya terima pagi ini, yang masih mengalir deras, bagaikan tepukan bertubi-tubi di punggung saya. Mengingatkan saya untuk terus maju, berlari. Menyadarkan bahwa banyak wajah familiar dijalan ini. Teman-teman dan saudara yang selalu mengulurkan tangan ketika setapak menjadi terjal, dan kabut menjadi tebal.

Thanks for all the birthday wishes. This is a morning of joy I will always remember time to time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s