Indonesia Itu Mengecewakan

Setiap hari, kita mengalami banjir informasi yang entah kenapa, lebih sering negatif dibanding positifnya. Kerusuhan disana sini, penembakan aparat terhadap rakyat, demo jahit mulut, bom bunuh diri, ganti rugi lahan yang tidak kunjung pasti, korupsi. Bagai tidak ada yang bagus mengenai Indonesia.

Sepertinya hampir semua orang kecewa. Banyak orang selalu menghujat pada semua kejadian yang ada — sedihnya — baik yang baik maupun yang buruk. Sepertinya semua yang dilakukan dianggap salah. Memang ada, satu-dua berita positif tentang Indonesia; tapi kita ternyata lebih tertarik pada berita buruk. It’s just like the old cliché quote: Bad news, is Good news.

Kompas 28 Desember 2011

Gambar disamping adalah judul advertorial Kompas pagi ini pada halaman pertama, oleh “Keluarga Besar” BUMN. Ternyata dibalik halaman tersebut, ada lanjutannya:

“.. He he he.. Indonesia itu memang mengecewakan. Bagi mereka yang hobinya kecewa..”

Dan ternyata advertorial ini adalah mengenai pemberian Investment Grade bagi Indonesia, serta data berbentuk grafis mengenai perbandingan pertumbuhan GDP dan Inflasi. Ada juga perbandingan tingkat utang terhadap pendapatan negara; yang mustinya bisa memberi cara pandang baru dalam menakar nilai hutang; dengan tidak hanya semudah membagi total hutang dibagi jumlah penduduk saja, tapi dengan membandingkan dengan nilai pendapatan negara.

Tebakan saya, ini adalah inisiatif dari Pak Dahlan Iskan, yang sekarang menjabat sebagai Meneg BUMN. Bravo! A very good advertisement on promoting our growth..

Seperti biasanya; mungkin berita baik hanya akan selalu hanya lewat dan terkubur diantara tumpukan berita buruk. Selalu ada cara pandang yang entah kenapa melihat sesuatu hanya jeleknya saja. Hanya sisi salahnya saja.

But for every bad news; I’ll say; Optimism is about prospect, about the future. Pessimism is about what’s happening, about the present. Positivity gives us power to do something better. Negativity is just a waste of time.

Andy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s