Craving for Mie Ayam

Saya tidak pernah bilang kalau makanan favorit saya adalah Mie Ayam. Tapi, nyatanya menu itu yang paling sering saya makan, apalagi beberapa minggu terakhir ini. Bukan Mie Ayam yang ada di rumah makan/warung/lokasi tertentu, tapi bisa dimana saja. Dan sepertinya.. ada sesuatu yang magis dalam  semangkuk Mie Ayam *hadeh*

To be honest, saya belum pernah merasakan Mie Ayam yang ueenaaaakk banget sampai rasanya tertinggal di memori saya, momen dimana ketika divisualisasikan; seperti ada kembang api dan bintang-bintang yang muncul ketika saya merasakan makanan itu; sekali lagi; belum pernah.

Tapi rupanya justru itu yang membuat entah kenapa perburuan Mie Ayam Sempurna itu yang sampai sekarang saya lakukan. Dan kriterianya pun sangat absurd. Saya pernah berpikir kalau “semakin ndeso semakin enak”, tapi nyatanya “ndeso” itu sendiri tidak bisa dideskripsikan dengan baik. Apakah gerobak reyot berwarna biru? Apakah penjualnya sudah tua, dan bukan sosok stereotype pemuda Wonogiri yang berkaos partai/jersey dan bersandal jepit dengan celana digulung sebelah? Atau saos sambal berwarna merah menyala dengan pinggiran botol yang sudah kering dan berwarna kehitaman?

Entah.

Sering saya berpikir (nek pas selo prab..), bahwa dari semangkuk Mie Ayam ini begitu banyak variasi rasa yang bisa terjadi. Condiment tambahan seperti ceker, paha ayam, bakso, atau kerupuk. Juga sesuatu yang bahkan menurut saya merusak rasa dasar Mie Ayam itu sendiri, seperti acar ketimun yang ditambahkan tanpa basa basi? Ataukah rasa Mie Ayam ini ditentukan semata karena banyaknya monosodium glutamate yang kadang tanpa ampun kedalam mangkok putih berlogo ayam jago?

Entah juga. Yang jelas perburuan Mie Ayam ter-enak saya belum, dan mungkin tidak akan pernah berakhir. Dan mungkin sekali ini adalah mind-trick yang secara sadar saya terima bulat-bulat agar saya punya alasan untuk terus mencari (dan blusukan) for The Ultimate Mie Ayam.

Mari berburu Mie Ayam; anyone?

2 thoughts on “Craving for Mie Ayam

Leave a Reply

